Senin, 01 Oktober 2012



BAB I.
 PENDAHULUAN

1. 1. Latar Belakang
Salah satu wadah pembinaan siswa di sekolah adalah kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan-kegiatan yang diadakan dalam program ekstrakurikuler didasari atas tujuan dari pada kurikulum sekolah. Melalui kegiatan ekstrakurikuler yang beragam siswa dapat mengembangkan bakat, minat dan kemampuannya.

Namun seperti kegiatan formal lainnya, ektrakurikuler  yang berada di bawah naungan suatu badan dan instansi ataupun bentuk lainnya. Dalam hal ini adalah kegiatan ektarkurikuler yang berada dalam ruang lingkup Sekolah atau Perguruan Tinggi maka suatu kegiatan ektrakurikuler memerlukan Rencana Program Kerja yang akan di jadikan acuan para anggotanya untuk menjalankan kegiatan-kegiatan.
Salah satu Rencana Program Kerja Ektrakurikuler dalam bentuk kegiatan Beladiri  yang berada di Madrasah MA Ma’arif Darul Aman Pingit Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung.

1.2.  Pengertian
Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang berada di luar program yang tertulis di kurikulum dan umumnya pihak sekolah menyediakan waktu satu hari untuk pelaksanaan kegiatan ini. Kegiatan ekstrakurikuler sangat berguna untuk pengembangan hobi, minat dan bakat siswa pada hal tertentu. Di sisi lain, pelaksanaan kegiatan ini merupakan suatu bentuk perhatian sekolah pada siswanya agar melakukan kegiatan yang lebih positif.
Para siswa SMA/MA adalah anak yang sedang dalam masa perailihan dari pribadi seorang anak menuju pribadi yang lebih dewasa, mereka cenderung menjauh dari orang tua dan lebih percaya pada teman, mempunyai energi yang besar sehingga mereka tampak lebih emosional. Kecenderungan lain adalah mereka berkelompok dengan teman yang memiliki kesukaan yang sama. 
Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler pada setiap sekolah di harapkan dapat menjadi wadah untuk penyaluran energi para siswa dan jenis kegiatanpun sangat beragam baik itu seputar olah raga, kesenian, keterampilan ataupun pengetahuan.



1. 3. Maksud dan Tujuan
Berkaitan dengan hal tersebut di atas kami dari pengurus Ekstrakurikuler Beladiri ” Pencak Silat NU Pagar Nusa” bermaksud untuk menetapkan sasaran serta langkah-langkah dalam mewujudkan kegiatan bidang olah raga bela diri sebagai wadah penyaluran bakat, hobi dan keterampilan dalam bidang olah raga bela diri serta melatih mentalitas serta kedisiplinan diri. 
Tujuan dari rencana program kerja kegiatan ini adalah sebagai acuan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam bidang olah raga bela diri Pencak Silat

1. 4. Target Kegiatan
Target dari kegiatan ini adalah Siswa/siswi MA Darul Aman Pringsurat  atau pelajar lainnya. Untuk bisa menumbuh kembangkan bakat dan kemampuan dibidang olahraga beladiri pada khususnya. Supaya semua siswa/siswi MA Ma’arif Darul Aman Pringsurat merasa butuh untuk dikemudian hari.



BAB II
PELAKSANAAN

2.1. Materi
            Untuk materi bahan ajar beladiri melingkupi gerakan jurus – jurus  sesuai dengan tingkatannya masing-masing, serta jurus wajib dan pernafasan. Serta gerakan pokok pukulan, tendangan, tangkisan dan serangan untuk lebih dimatangkan sebagai dasar dari beladiri.

2.2. Jadwal Kegiatan atau pelaksanaan
Kegiatan latihan yang telah berjalan adalah dua kali dalam satu minggu yaitu pada hari Minggu jam 09.30 WIB berlokasi di Ruang Aula Mardasah Aliyah Darul Aman Pringsurat 

2. 3. Nama Kegiatan
Nama kegiatan yang telah berjalan adalah Ranting Pringsurat Kabupaten Temanggung Pencak Silat NU Pagar Nusa

3. 4.  Peserta dan Pembina
            Kegiatan ini pesertanya melingkupi MA Darul Aman dan MTs Ma’arif Pringsurat dan peserta dari perguruan lain yang ingin mengikutinya. Sedangkan Pembina didatangkan dari pelatih Pencak Silat NU Pagar Nusa Cabang Parakan Satuan Pencak Silat Bambu Runcing di Parakan.

3.5.  Anggaran
           
No.
Nama Alat
Harga Satuan(Rp)
Volume
Jumlah (Rp)
Ket
1
Pecing
400.000
2 buah
800.000

2
Body
200.000
2 buah
400.000

3
Matras kecil
75.000/m
4m x 4m
1.200.000

4
Hand Kref
15.0000
4 buah
60.000

5
Golok
200.000
1 unit
200.000

Jumlah
2.660.000






BAB III
RENCANA PROGRAM KERJA


3. 1. Rencana Program kerja Jangka Pendek dan Menengah
Setelah berjalan sekian lama ekstrakurikuler Baladiri Pencak Silat NU Pagar Nusa  hingga saat ini masih tetap berjalan, ini berkat adanya kerja sama antara sekolah, guru, pengurus ekstarkurikuler beladiri dan pelatih beladiri serta pihak-pihak terkait yang mendukung kegiatan ekstarkurikuler beladiri.

Adapun rencana kegiatan jangka pendek dan menengah ini meliputi:
1.  Memperkenalkan dan mempertunjukkan ekstrakurikuler beladiri Pencak Silat NU Pagar Nusa kepada siswa/siswi MA Ma’arif Darul Aman Pringsurat.
2.  Mengajak dan merekrut siswa/siswi MA Ma’arif Darul Aman Pringsurat untuk ikut serta dalam kegiatan ekstrakurikuler bela diri Pencak Silat.
3. Mampu menunjukkan sebagai ekstrakurikuler bela diri yang di minati oleh
siswa/siswi MA Ma’arif Darul Aman Pringsurat
4.  Sebagai wadah penyalur minat, bakat dan hobi bagi siswa/siswi MA Ma’arif Darul Aman Pringsurat
5.   Melakukan latihan rutin sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan.
6. Selain itu sebagai salah satu cabang olah raga prestasi di harapkan dapat
memunculkan bibit-bibit Atlit baru dalam bidang olah raga bela diri pencak silat.

3.2. Rencana Program Kerja Jangka Panjang
Dalam program jangka panjang ini di rencanakan akan melanjutkan program-program yang belum terlaksana pada periode sebelumnya dan yang akan di laksanakan pada periode saat ini, hal itu di susun dalam bentuk program sebagai berikut:
      Melanjutkan program yang belum terselesaikan pada periode sebelumnya.-
      Melanjutkan program-program yang berkesinambungan, di antaranya :-
a.  Melaksanakan kegiatan gashuku atau latihan gabungan yang di laksanakan per tiga bulan (triwulan) atau per 6 bulan (semester) dengan jadwal dan waktu yang akan di tentukan kemudian.
b. Melaksanakan kegiatan ujian kenaikan tingkat yang di laksanakan setiap akhir semester.
c.  Melaksanakan kegiatan demontrasi Pencak Silat NU Pagar Nusa guna memperkenalkan kegiatan  ektrakurikuler baladiri Pecak Silat kepada para siswa/siswi baru.

            Melaksanakan kegiatan-kegiatan tambahan yang berguna untuk memperkokoh tali persaudaraan dan silatuhrahmi antara anggota beladiri pencak silat NU Pagar Nusa atau dari anggota kegiatan ekstrakurikuler lain dan juga kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan pengembangan diri.
Bekerja sama dengan ranting-ranting beladiri Pencak Silat NU Pagar Nusa  lain dalam rangka studi banding untuk melihat sejauh mana perkembangan para siswa selama menjalani masa latihan.
 Mengikuti pertandingan-pertandingan antar perguruan, antar pelajar atau yang di selenggarakan oleh pengurus IPSI Kab. (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Kab. Temanggung dan juga yang di delenggarakan oleh badan-badan atau instansi-instansi terkait.

Adapun anggaran dana yang akan di ajukan untuk pelaksanaan kegiatan-kegiatan program kerja tersebut terlampir pada halaman berikutnya.






 BAB IV
PENUTUP

5.1.        Kesimpulan
Demikianlah gambaran rencana program kerja ini kami susun dengan harapan akan menjadi acuan dalam melaksanakan langkah-langkah kegiatan ekstrakurikuler Pencak Silat NU Pagar Nusa, sehingga perkembangan kegiatan ini akan lebih jelas dan terarah dalam pencapaian tujuan
Dengan di sertai bantuan oleh pihak-pihak yang terkait, baik secara langsung maupun tidak langsung semoga rencana kegiatan ini akan dapat terlaksana dengan baik dan tentu saja hasil akhirnya akan mencapai tujuan yang telah di tentukan serta dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

5.2.        Saran
ü  Dengan demikian kami pengurus ekstrakurikuler Pecak Silat NU Pagar Nusa memohon kepada semua pengurus Yayasan MA ma’arif Darul Aman Pringsurat Kab. Temanggung baik dari segi kultural mapun segi strukturalnya agar member sport kepada siswa siswi MA Ma’arif Darul Aman Pringsurat supaya tetap semangat dan berjalan dengan lancar
5.3.        Lampiran





Format program kegiatan ekstrakureikuler
MA MA’ARIF DARUL AMAN PRINGSURAT
Ekstrakurikuler            : Beladiri Pencak Silat
Tempat Kegiatan         : Aula Madrasah Aliyah Darul Aman Pringsurat
Kelas/ Kelompok         : Semua Siswa
Pembimbing                 : Nurokhim
No

Bentuk kegiatan

Tujuan

Sasar
an
Waktu Kegiatan
( Bulan )
7
8
9
10
11
12
1
2
3
4
5
6
1















2















3















4















5















6















7















8















9

















Mengetahui                                                     Pringsurat,                   2011
Koordinator                                                                     Pembimbing/Pelatih

   Mahfud                                                                                 Nurokhim
Kepala Madrasah


                                                   Dukut Sri Widayat, S.PdI.









Format program kegiatan ekstrakureikuler
MA MA’ARIF DARUL AMAN PRINGSURAT
Ekstrakurikuler            : Beladiri Pencak Silat
Tempat Kegiatan         : Aula Madrasah Aliyah Darul Aman Pringsurat.
Waktu Kegiatan          : Setiap Hari Minggu Jam 09.30 WIB
 Kelas/ Kelompok       : Semua Siswa
Pembimbing                : Nurokhim
No

Bentuk kegiatan

Tujuan

Sasaran

Hambatan

Tindakan
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10







Mengetahui                                                     Pringsurat,                   2011
Koordinator                                                                     Pembimbimg/Pelatih

   Mahfud                                                                                 Nurokhim
Kepala Madrasah

                                                   Dukut Sri Widayat, S.PdI.






Format program kegiatan ekstrakureikuler
MA MA’ARIF DARUL AMAN PRINGSURAT
Ekstrakurikuler            : Beladiri Pencak Silat                    Bulan : ......................................
Tempat Kegiatan         : Aula Madrasah Aliyah Darul Aman Pringsurat
Waktu Kegiatan           : Setiap Hari Minggu Jam 09.30 WIB
 Kelas/ Kelompok        : Semua Siswa
Pembimbing                 : Nurokhim

No

Nama
Peserta

Tanda Tangan Peserta
Minggu 1
Minggu 2
Minggu 3
Minggu 4
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10







Mengetahui                                                     Pringsurat,                   2011
Koordinator                                                                     Pembimbimg/Pelatih

   Mahfud                                                                                 Nurokhim
Kepala Madrasah


                                      Dukut Sri Widayat, S.PdI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar